Lahan Pertanian

Selasa, 25 Oktober 2011

| | |
Lahan Pertanian Makin Kritis

Ribuan petani di Kabupaten Brebes terancam kehilangan mata pencahariannya beberapa tahun ke depan. Pasalnya, kondisi lahan pertanian yang ada kini sudah kritis dan diambang batas akibat over dosis penggunaan bahan kimia.

"Kalau tidak segera disembuhkan dan diselamatkan, saya kira tidak sampai puluhan tahun petani kita kehilangan produktivitas karena sudah terlanjur parah. Dampaknya adalah kesejahteraan masyarakat, karena lebih dari 53 persen PDRB Brebes itu riil dari sektor pertanian," ujar Ketua DPC HKTI Brebes Ir Masruchi Bachro kepada Radar, Senin (24/10).

Masruchi mengungkapkan, berdasarkan informasi sebuah hasil penelitian ilmiah, kandungan bahan organik tanah pertanian di sejumlah wilayah Kabupaten Brebes nyaris habis, karena menunjukan kurang dari 2 persen. Padahal, kebutuhan tanaman untuk tumbuh optimal minimal membutuhkan unsur hara dan mikroba organik minimal 5 persen. Penyebab utamanya, adalah penggunaan bahan kimia yang sudah menjadi kebutuhan prioritas petani, khususnya komoditas bawang merah dan cabe dan tanaman lainnya.

"Ini tidak main-main, kejayaan pertanian kita bisa hanya menjadi kenangan saja. Seharusnya Pemkab melalui Dinas Pertanian, mulai saat ini harus melakukan penyembuhan dan penyelamatan sesuai dengan tingkat kerusakan. Jika tidak, masyarakat dan pemerintah hanya akan menjadi penonton di masa mendatang," tegas Masruchi.

Hingga saat ini, pihaknya masih merasakan masih kurangnya sosialisasi kepada petani tentang penggunaan bahan kimia secara baik dan benar dari pemerintah. Karenanya, perlu penyadaran dan kesadaran penggunaan bahan kimia serta pengembalian kesuburan tanah. Selain memberikan sosialisasi juga memberikan pemberdayaan pada kelompok tani. Setidaknya, ada demplot area untuk pemulihan lahan secara bertahap.

"Jika tanahnya sakit perlu penyembuhan, sementara yang sedang menghadapai ketidaksuburan lahan, perlu pemanfaatan pupuk organik yang memiliki sumber bahan yang dibutuhkan untuk penyuburan lahan," katanya. (smileardi)

1 komentar:

PMB mengatakan...

Global worming ,..!!!! berbahaya

Posting Komentar