Lomba karya tulis

Minggu, 23 Oktober 2011

| | |
Semangat Pelajar untuk Menulis Tinggi

BREBES - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Brebes menggelar Lomba Karya Tulis Pemuda tahun 2011. Lomba karya tulis itu dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda ke-83 pada 28 Oktober mendatang. Ketua I DPD KNPI Kabupaten Brebes Ganis Faruqi Abkar mengatakan, lomba itu mengambil tema Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar, yang diperuntukan bagi pelajar SMA, SMK dan MA.

"Dari laporan panitia lomba, jumlah peserta yang mengikuti lomba ini mencpai lebih dari 70 karya tulis. Ini menunjukkan bahwa semangat menulis di kalangan pelajar cukup tinggi. Padahal waktu yang diberikan panitia hanya kurang dari 20 hari, karena pengumuman lomba dikirim awal bulan Oktober ini," tandas Ganis.

Pemenang Lomba Karya Tulis Pemuda ini, kata Ganis, akan diumumkan tepat pada peringatan Sumpah Pemuda, yakni Jumat (28/10) mendatang. Di mana akan ada lima pemenang yang berhasil menuangkan unek-uneknya dalam karya tulis. "Ada uang pembinaan dan piagam penghargaan, dewan jurinya sendiri dari Radar Tegal dan penulis di Brebes," tandasnya menambahkan.

Lomba Karya Tulis ini, lanjut Ganis, bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana para pelajar itu memahami dan memaknai Sumpah Pemuda. Dari situ nanti diketahui, apa dan bagaimana yang seharusnya dilakukan para pemuda, khususnya pengurus dan anggota KNPI. "Berdasarkan pengamatan kami, semangat dan cita-cita yang ada pada pemuda sekarang ini mulai memudar. Tidak seperti saat para pemuda Indonesia ini mengikrarkan Sumpah Pemuda. Ini yang harus kita kembali gelorakan, antara lain dengan Lomba Karya Tulis Pemuda," papar Ganis.


Diharapkan, lomba menulis semacam ini akan menjadi agenda rutin DPD KNPI Kabupaten Brebes. Sehingga sebagai budaya intelektual, khususnya di kalangan pelajar, akan semakin meningkat. "Tentunya dengan tema yang berbeda dan variatif, sehingga para pelajar bisa mengikuti dan nantinya mereka pun bisa menjadi kader KNPI di masa yang akan datang," harap dia. (Smileardi).

0 komentar:

Posting Komentar