BANTARKAWUNG

Selasa, 08 November 2011

| | |
15 Tahun Tak Tersentuh Perbaikan


BANTARKAWUNG - Jalan kabupaten sepanjang lima kilometer yang menghubungkan Desa Karangpari dengan Bantarkawung kondisinya memprihatinkan. Kondisi jalan tersebut saat ini rusak parah. Bahkan berdasarkan informasi, jalan itu tak mendapat perbaikan sejak 15 tahun lalu.

Kondisi jalan di kawasan berbukit tersebut hanya tinggal menyisakan batu di sejumlah titik. Hal itu, selain membahayakan pengguna jalan, juga sangat menghambat aktivitas masyarakat. "Selain berlubang dan juga aspal yangg terkelupas, beberapa lokasi juga amblas akibat bencana alam," kata Dahudi (44), warga setempat.

Dikatakan, sebenarnya jalan tersebut sangat potensial sebagai jalur ekonomi warga. Bukan saja yang berasal dari Desa Karangpari, namun juga bagi warga yang tinggal di beberapa desa yang masuk wilayah Cilacap.

"Karena jalan tersebut juga merupakan jalan tembus yang menuju Kabupaten Cilacap, dan Desa Karangpari sebagai salah satu desa yang berbatasan langsung. Jika pada hari-hari tertentu, banyak warga yang berasal dari wilayah Cilacap menggunaan jalan ini," paparnya.

Menurutnya, warga Cilacap itu menuju Kecamatan Bumiayu untuk berjualan maupun berbelanja. Namun dengan kerusakan yang terjadi saat ini, menjadi kendala tersendiri. Kepala Desa Karangpari Joni Hermawan SIP membenarkan kondisi yang terjadi di ruas jalan tersebut.

"Kami kerap menerima keluhan dari masyarakat terkait kondisi kerusakan jalan, terlebih dengan kondisi hujan yang mulai mengguyur wilayah Karangpari sehingga kondisi jalan semakin membahayakan dilalui warga," kata Joni.

Dikatakan, selama ini upaya yang telah dilakukan bersama warga adalah melalui kerja bakti menimbun jalan yang berlubang. "Namun upaya itu tidak bisa berjalan maksimal, sebab jalan kembali rusak. Karena itu, kami berharap Pemkab untuk turun tangan, setidaknya dengan menjadikan kerusakan jalan di wilayah kami sebagai prioritas perbaikan," ungkap Joni. (smileardi)

0 komentar:

Posting Komentar