Gotong Royong Warga

Selasa, 08 November 2011

| | |
Sifat Gotong Royong Warga Kebandungan


Sifat kegotongroyongan masyarakat desa hingga saat ini masih tetap tinggi. Ini terbukti dari kegiatan warga Desa Kebandungan, Kecamatan Bantarkawung. Mereka bersama-sama kerja bakti membangun jalan alternatif. Langkah itu dilakukan karena warga tak kuat dengan kondisi daerahnya yang terancam terisolasi.

Pembangunan jalan tersebut dengan mengepras bukit Cipendil yang berada di ruas jalan Cikamuning-Kebandungan yang longsor dan belum juga mendapat penanganan dari Pemkab. Sebelumnya ruas jalan tersebut sempat terputus akibat amblas sepanjang 50 meter dengan kedalaman lebih dari 50 centimeter pada bulan Februari lalu. Amblasnya jalur transportasi yang biasa digunakan untuk mendistribusikan hasil pertanian itu juga akibat tergerus aliran sungai Pemali, yang berada tepat di sampingnya.

"Warga sudah berupaya secara swadaya melakukan pengarugan sebagai penanganan darurat. Namun hasilnya belum bisa dikatakan maksimal, jalan kembali amblas," ungkap Ahmadi (34), warga setempat.

Kerusakan sarana infrastuktur tersebut, diakui sangat berdampak pada tingkat ekonomi warga di wilayah Kebandungan. Di mana warga yang menjadikan pertanian jagung sebagai andalan ekonomi, mengalami kerugian akibat kesulitan dalam pendistribusian hasil panen.

"Kami kesulitan mendistribusikan hasil panen, bahkan tidak ada pembeli yang mau datang ke wilayah kami karena jalan yang rusak. Sehingga petani terpaksa menjual hasil panen dengan harga jauh di bawah harga yang berlaku saat itu," kata Durohman (45) salah seorang petani jagung.


Dikatakan, jika dalam kondisi normal para petani bisa menjual hasil panen jagung dengan harga Rp 3.000/kilogram, namun akibat kerusakan tersebut petani hanya bisa menjual Rp 2.100/kilogram. "Kerugian akibat biaya pengangkutan yang membengkak," tutur Durohman.

Kepala Desa Kebandungan Sutarto MPd mengatakan, upaya yang dilakukan warga yakni dengan mengepras bukit Cipendil sepanjang 200 meter dengan lebar 4 meter untuk dijadikan jalan alternatif.

"Ratusan warga secara gotongroyong melaksanakan pengeprasan. Harapannya, jalan alternatif tersebut nantinya bisa sedikit memulihkan terkendalanya jalan utama yang rusak akibat bencana alam," kata Sutarto.

Namun demikian, pihaknya tetap berharap Pemkab juga turun tangan mengatasi masalah tersebut. Paling tidak segera memperbaiki kerusakan jalan yang terjadi akibat bencana alam tersebut. (smileardi)

0 komentar:

Posting Komentar